Program Magister FITK UIN Jakarta

FITK Online – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salahsatu universitas Islam terkemuka di Indonesia. UIN Jakarta tidak hanya menyelenggarakan program studi Strata Satu (S1) tetapi juga menyelenggarakan program studi Strata Dua (S1) dan program studi Strata Tiga (S3). Sejak didirikan pada tahun 1982, program S2 dan S3 UIN Jakarta mengalami perkembangan yang dinamis, baik dalam segi kualitas maupun kuantitasnya. Sampai sat ini, program S2  telah menghasilkan lebih dari 1.800 lulusan Magister dan 823 Doktor di bidang Ilmu Agama Islam.

Seiring dengan perkembangan ilmu dan tuntutan profesionalitas, sebagian program Magister S2 yang monodisiplin, diintegrasikan pengelolaannya dalam fakultas terkait.  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta sejak tahun 2010 telah mengelola dan menyelenggarakan S2 program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Berdasarkan SK Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor : Dj.1/53/2011 tentang izin pembukaan Program Strata Dua dan Strata Tiga, mulai tahun Akademik 2011/2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta membuka S2 Program Studi Pendidikan bahasa Arab (PBA) dan S2 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)

Dengan SDM yang handal dan profesional berupa, berupa: 15 Guru Besar (Profesor) dan lebih dari 35 Doktor, dan didukung fasilitas modern serta sarana dan prasarana yang memadai, FITK kini memberi kesempatan terbaik kepada para calon Magister untuk bergabung dalam program Strata Dua (S2) Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Inggris. Perkuliahan untuk ketiga program tersebut akan dimulai pada awal bulan september 2011.

Kurikulum

Program Magister FITK dirancang untuk masa studi selama empat smester, kurikulum dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi dengan 3 kelompok mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa, yaitu : Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) berjumlah 8 SKS, Mata Kuliah Keahlian Utama (MKKU) wajib berjumlah 26 SKS, Mata Kuliah Keahlian Utama (MKKU) pilihan berjumlah 8 SKS, dan tesis berjumlah 8 SKS, sehingga keseluruhan SKS yang ditempuh adalah 50 SKS.