Program Studi Pendidikan Fisika

FITK Online – Program studi Pendidikan Fisika bertujuan menyiapkan tenaga pengajar Fisika yang menguasai materi dan metode pengajaran Fisika, baik untuk Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah dan sekolah-sekolah yang sederajat. Lulusan program studi ini juga diharapkan memiliki akhlak mulia dan profesionalisme dalam bidang pekerjaannya, menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan fisika, mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, khusunya di madrasah, dan ikut mewujudkan masyarakat yang mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan berkelanjutan sesuai dengan syariat Islam.

Mata kuliah yang diajarkan di program studi Pendidikan Fisika di antaranya adalah Fisika Dasar, Matematika Dasar, Elektronika, Metode Numerik,  Fisika Matematika, Gelombang, Ilmu Pengetahuan Bumu dan Antariksa, Mekanika, Termodinamika, Fisika Kuantum, Fisika Material, Fisika Modern, Listrik Magnet, Fisika Statistik, Fisika Komputasi, Media Pembelajaran Fisika, Telaah Kurikulum Fisika SMP/MTs, Telaah Kurikulum IPA SMP/MTs, dan lain sebagainya.

Program Studi Pendidikan Fisika bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional serta mampu mengintegrasikan konsep-konsep pendidikan Fisika, dan Islam sehingga memiliki kompetensi yang utuh dan mampu berkompetensi dalam skala lokal maupun global. Jabaran dari tujuan di atas adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Fisika yang profesional, beriman dan berakhlak mulia.
  • Menghasilkan inovasi bidang pendidikan Fisika.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di madrasah, sehingga citra madrasah berkembang ke arah yang lebih positif.

Sebagai satu unit di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, maka visi,  misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Fisika diturunkan dari visi dan misi UIN.

Visi

Sejalan dengan visi UIN Jakarta yang mengusung integrasi ke-Islaman, keilmuan, dan ke-Indonesiaan,  dirumuskan Visi Program Studi Pendidikan Fisika adalah “Menjadi pusat unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan pengajaran ilmu-ilmu Fisika dalam upaya melahirkan inovasi untuk mendukung pembangunan sumberdaya manusia yang berbasis industri dan berbudaya religius”.

Misi

Sebagai salah satu unit lembaga pendidikan tinggi, Program Studi Pendidikan Fisika mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian, dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan bangsa melalui lulusan yang kompeten dan pengembangan serta penerapan inovasi Pendidikan Fisika.  Maka misi Program Studi Pendidikan Fisika ini adalah:

  • Melaksanakan kegiatan akademik dan profesi dalam bidang Pendidikan Fisika.
  • Mengembangkan dan melakukan inovasi bidang Pendidikan Fisika melalui kegiatan penelitian.
  • Menyebarluaskan hasil kajian dan inovasi bidang  Pendidikan Fisika melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat

Menggerakkan pembangunan melalui pengembangan pendidikan calon guru Fisika yang mampu mengintegrasikan antara ilmu Fisika, teknologi dan nilai-nilai Islam.

Standar Kompetensi Lulusan

Standar kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Fisika adalah:

  • Beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.;
  • Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keilmuan, ke-Islaman,  dan ke-Indonesiaan dalam melaksanakan tugasnya;
  • Memiliki wawasan yang luas tentang ilmu-ilmu pendidikan dan Sains-Fisika;
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan program kependidikan secara profesional;
  • Menguasai dasar-dasar kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial sebagai bekal untuk menjadi guru Sains-Fisika;
  • Mampu melaksanakan penelitian yang terkait dengan pemecahan masalah-masalah kependidikan;
  • Mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam bidang pendidikan.

Kurikulum

Kurikulum untuk Program S1 pada Program Studi Pendidikan Fisika memiliki beban studi sebanyak 158 sks yang dikelompokkan ke dalam mata kuliah kompetensi utama terdiri dari 90 sks untuk mata kuliah inti program studi dan 44 sks untuk mata kuliah kependidikan, mata kuliah kompetensi pendukung sebanyak 14 sks, dan mata kuliah kompetensi keislaman sebanyak 10 sks. Dari seluruh mata kuliah kompetensi utama  tersebut sebanyak 6 sks wajib diambil dari 12 sks mata kuliah pilihan yang tersedia. Struktur kurikulum tersebut disusun berdasarkan:

  • Kelompok mata kuliah;
  • Kompetensi mata kuliah;
  • Distribusi mata kuliah;

Rujukan Program yang Digunakan

Sumber yang dijadikan sebagai rujukan dalam pembukaan  program adalah keberadaan program studi di lingkungan FITK dan program studi yang relevan dari beberapa perguruan tinggi lain yang telah menyelenggarakan program serupa baik institusi negeri maupun swasta.