FITK Segera Buka Program Magister (S.2) Prodi PBA dan PAI

FITK Online – Belum lama ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menerbitkan Surat Keputusan(SK) Nomor: Dj.I/53/2011  tentang Izin Pembukaan Program Studi Strata Dua (S.2) untuk Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  SK  yang ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. Mohammad Ali, tertanggal 14 Januari 2011 itu, berlaku selama 2 (dua) tahun sejak awal semester penerimaan mahasiswa dan selanjutnya agar diajukan untuk memperoleh perpanjangan izin dan akreditasi.

Alumnus kedua Prodi tersebut akan memperoleh gelar M.Pd.I. Direncanakan perkuliahan untuk kedua Prodi tersebut dimulai pada semester  gasal (awal September) Tahun Akademik 2011/2012. Dalam penjelasan teknis penyelenggaraan Prodi dari SK tersebut, antara lain, ditegaskan bahwa kedua Prodi tersebut pada semester gasal 2011/2012 maksimal menerima mahasiswa 2 (dua) kelas, setiap  kelas maksimal 20 orang.

Dalam forum rapat  senat FITK yang diselenggarakan pada Sabtu, 5 Pebruari 2011 lalu, Dekan FITK, Prof. Dede Rosyada, MA. antara lain  menyatakan bahwa “Kami merasa bahagia dengan dikeluarkannya SK tersebut, sekaligus merasa dihadapkan pada tantangan baru untuk mengawal kesiapan kedua Prodi tersebut menyelenggarakan Program Magister. Berbagai persiapan, terutama penataan aturan-aturan akademik dan kurikulum, harus segera dilakukan.

Namun demikian, lanjut Dekan, kami optimis kami mampu menyelenggarakannya, karena SDM (Guru Besar dan Doktor) pada kedua Prodi tersebut paling kuat dan paling siap mengembangkannya.” Karena itu, komitmen, kerjasama, dan kontribusi semua pihak, terutama para Profesor dan Doktor, sangat diharapkan agar penyelenggaraan kedua Prodi itu dapat memberi  layanan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara. (Mhb)