Program Magister Pendidikan Agama Islam

FITK Online – Program studi merupakan unit organisasi penyelenggara kegiatan akademik yang mengarah pada pemenuhan persyaratan penguasaan keahlian yang diharapkan. Persyaratan untuk pemenuhan persyaratan penguasaan keahlian tersebut tercermin dari struktur program studi serta proses kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan seluruh kegiatan.

Program Magister (S2) PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merencanakan, melaksanakan, dan memantau kegiatan akademik mulai dari penyiapan dan penyebaran informasi tentang program studi, penentuan persyaratan calon mahasiswa, proses pendaftaran, seleksi dan penetapan calon mahasiswa, menyusun kalender akademik, menyususn jadwal perkuliahan, mengevaluasi pelaksanaan program perkuliahan yang dilakukan oleh dosen serta uji kendali mutu akademik.

Program Magister (S2) PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai sebuah program baru, menetapkan  beberapa langkah pengembangan yang terbagi menjadi dalam dua tahap: pertama, rencana jangka pendek yang meliputi berbagai aktifitas operasional akademik dan non akademik yang menjamin terselenggaranya program bidang studi, seperti: pembagian tugas dosen, pelaksanaan perkuliahan, pelaksanaan evaluasi belajar mahasiswa, penyelenggaraan seminar proposal, ujian tesis, penelitian dan pengabdian masyarakat, akreditasi internal, peningkatan wawasan akademis dosen, dan peningkatan koleksi perpustakaan. Kedua, rencana jangka panjang program studi yang meliputi aktifitas dan usaha peningkatan mutu dan pengakuan publik terhadap program studi melalui akreditasi dari BAN PT, akreditasi internasional dan pendirian Program Doktor (S3) yang akan dilaksanakan 5 (lima) sampai 10 (sepuluh) tahun ke depan.

Manajemen Sumber Daya

Struktur organisasi Program Magister (S2) PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  dirancang dan dikembangkan sebagai suatu sistem manajemen sumberdaya  yang efektif dan efisien dengan prinsip keadilan, keterbukaan dan rasa tanggung jawab serta koordinasi diantara unit terkait. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan sumberdaya daya yang dimiliki guna keperluan operasional program studi.
Pengendalian proses pengorganisasian kegiatan manajemen sumberdaya dilaksanakan oleh pimpinan FITK, berkoordinasi dengan Ketua Program Studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam.  Pimpinan Fakultas dalam melaksanakan kegiatan manajemen sumberdaya manusia ini menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sebagai berikut:

  • Mengadakan rapat kerja
  • Membuat perkiraan kebutuhan institusi (institusional need assessment)
  • Mengkaji pemanfaatan sarana dan prasarana serta sumber daya lainnya bagi kepentingan program studi dan mengevaluasinya secara periodik.
  • mengembangkan sistem informasi yang berbasis IT tentang sumber daya

Manajemen Mutu Akademik

Pengelolaan mutu akademik secara internal dilakukan dengan melibatkan  komite akademik dan konsorsium ilmu dengan melalui kegiatan-kegiatan, antara lain: kajian kurikulum, sistem evaluasi kemajuan mahasiswa dan  performa dosen. Dalam hal ini juga dikembangkan sistem evaluasi diri dalam bentuk laporan semester dan laporan tahunan. Dalam pelaksanaannya, program studi bekerja sama dengan Pusat Penjaminan Mutu (PPJM) dan lembaga eksternal lainnya, sehingga diperoleh metodologi baku mutu yang objektif. Berdasarkan hasil tersebut ditetapkan langkah-langkah persiapan dan pengembangan sebagai berikut:

  1. Menetapkan persyaratan (kualifikasi) calon mahasiswa
  2. Menyebarkan informasi pendaftaran mahasiswa yang dapat diakses secara online
  3. Melakukan seleksi berkas administrasi persyaratan calon mahasiswa
  4. Menyelenggarakan ujian masuk bagi calon mahasiswa yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  5. Menetapkan penerimaan calon  mahasiswa dengan standar yang berlaku
  6. Melaksanakan perkuliahan dengan tehnik yang interaktif, kreatif dan inovatif, seperti: seminar, diskusi, studi kasus, studi teks.
  7. Memanfaatkan informasi terkini melalui e-library, CD rom, webside, dan tehnologi on-line lainnya sebagai bagian dari pembelajaran.
  8. Mengembangkan monitoring secara terstruktur untuk mengevaluasi interaksi dosen dan mahasiswa, substansi materi perkuliahan dan kesesuaiannya dengan Course Outline yang ditentukan.
  9. Mengembangkan sistem evaluasi yang mampu mengukur mutu setiap kemajuan mahasiswa secara substantif
  10. Menyediakan ruang dan waktu konsultasi yang memadai bagi mahasiswa di luar waktu perkuliahan, baik masalah akademik maupun non akademik, sebagai bagian dari upaya penyempurnaan proses belajar mengajar dan percepatan penyelesaian tugas-tugas akademik.
  11. Menetapkan beban studi mahasiswa Program Magister (S2) PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  sebanyak 48 SKS yang dijadwalkan 4 (empat) semester. Seorang mahasiswa dinyatakan lulus setelah menyelesaikan keseluruhan beban studi tersebut dengan Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimal 2,75. predikat kelulusan terdiri dari tiga kategori, yaitu:
  • Terpuji, dengan IPK 3,65 – 4,00
  • Amat baik, dengan IPK 3,15 – 3,64
  • Baik, dengan IPK 2,75 – 3,14

Penetapan predikat lulus dengan kategori tersebut ditentukan pula dengan lama masa studi tidak lebih dari 4 (empat) semester.

Dukungan Kerjasama

Program Magister (S2) PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat menjadi salah satu program magister (S2) PAI yang mampu bersaing dengan program studi sejenis yang sudah ada. Kerjasama akan dilakukan dengan lembaga pendidikan tinggi terkait, kementrian terkait (Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan Nasional), lembaga non pemerintah, perguruan tinggi yang ada di luar negeri dan sebagainya.